Rabu, 27 Mei 2015


Pemkab Cilacap terus mengembangkan obyek-obyek potensial menjadi tujuan wisata baru salah satunya Danau Bojong Rongga di Kecamatan Kedungreja. Bojong Rongga merupakan sebuah danau yang terbentuk dari bencana alam sekitar tahun 1970-an. Obyek ini berada di Dusun Karangsari RT 3 RW 1 Desa Bojongsari Kecamatan Kedungreja dan menjadi tempat wisata. Airnya yang hijau membuat suasana semakin nyaman untuk berwisata.

Suryono, salah satu pengelola wahana bebek air di Bojong Rongga menuturkan sejak 2009 lalu dana Bojong Rongga yang sebelumnya tidak terurus ditumbuhi enceng gondok dan hewan liar mulai dibersihkan oleh warga setempat. Sejak itu lokasi yang berada sekitar 10 kilometer dari pasar Kedungreja ini menjadi lokasi wisata. Dua danau yang terpisahkan dengan satu jalan setapak kecil ini seluas 1 hektar lebih. “Konon air yang ada merupakan jebolan dari sungai Citanduy yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari lokasi” katanya. Di danau ini wisatawan bisa menikmati ikan bakar atau bermain bebek air untuk berkeliling danau tersebut. Suryono menambahkan awal mula Bojong Rongga ini dibuka cukup ramai dikunjungi wisatawan. “Banyak warga sekitar atau Cilacap Barat yang datang untuk makan ikan bakar di pinggir danau termasuk dari Jawa Barat” tambahnya. Senada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Indar Yuli Nyataningrum menyebutkan Bojong Rongga memiliki potensi besar untuk menjadi obyek wisata baru di Kabupaten Cilacap. “Dengan pemandangan alami dan potensi yang dimiliki Bojong Rongga akan menjadi referensi baru sekaligus menambah khazanah kepariwisataan di Kabupaten Cilacap. Bahkan kita berencana menjadikan komplek Bojong Rongga desa wisata” ungkapnya.

Sementara akses menuju ke Bojong Rongga ini juga terbilang mudah. Dari Pasar Kedungreja menuju Desa Bojongsari atau perbatasan Jawa Barat. Jalan menuju ke lokasi bisa di tempuh menggunakan kendaraan bermotor maupun mobil.

Tagged: , , , , , , , , , ,