Kamis, 14 Mei 2015

Sobat, apakah Anda termasuk orang yang tidak bisa tidur ketika lampu masih menyala? Jika iya, maka itu merupakan kebiasaan yang baik. Pasalnya, tidur malam dalam keadaan yang benar-benar gelap sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Seorang ahli biologi, Joan Roberts mengatakan tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Dengan mematikan lampu ketika tidur malam hari, bukan hanya menghemat energi tapi juga meningkatkan kesehatan tubuh. Maka itu tidur malam sambil nonton TV juga sangat tidak disarankan.

Praktisi kesehatan lainnya, Lynne Eldridge M.D yang juga penulis buku 'Avoiding Cancer One Day At A Time' juga menuliskan perempuan buta 80 persen lebih kecil terkena risiko kanker payudara dibanding rata-rata perempuan lain. Diduga faktor hormon melatonin yang banyak ditubuhnya karena penglihatan yang gelap membuatnya punya daya tahan tubuh yang lebih tinggi.

Selain itu, tidur tanpa cahaya lampu juga mempunyai manfaat sebagai berikut:

Lebih Mudah Terlelap
Dengan mematikan lampu ketika tidur akan membuat Anda lebih mudah terlelap dan tidur lebih rileks. Ini sangat baik untuk bisa menghasilkan tidur yang optimal.

Mengurangi Lemak
Ternyata tidur dalam keadaan gelap juga bisa mengurangi lemak lho. Selain mendapatkan hasil tidur yang berkualitas, Anda juga akan terhindar dari resiko obesitas.

Meningkatkan Kinerja Otak
Dengan tidur yang terlelap dapat membuat kinerja otak lebih meningkat dan secara tidak langsung juga akan memperlambat kepikunan saat Anda  memasuki usia lanjut nanti. Selain itu ini juga dapat menjadi pengganti kegiatan meditasi di dalam kegelapan yang akan menghilangkan stress dan menstabilkan emosi dan pikiran Anda.

Mengurangi Resiko Pemanasan Global
Dengan mematikan lampu pada malam hari tentunya sangat membantu dunia untuk mengurangi resiko global warming. Selain itu dengan mematikan lampu di malam hari juga akan menghemat pemakaian listrik di rumah Anda.

Tagged: , , , , , , , , , , ,