Rabu, 20 Mei 2015


Sobat, sudahkah Anda berkunjung ke kabupaten Cilacap? Jika belum, sempatkanlah untuk berkunjung ke kota yang berada di bagian selatan provinsi Jawa Tengah ini. Pasalnya, di wilayah ini setidaknya ada lebih dari 10 destinasi wisata apik yang patut untuk Anda kunjungi, berikut di antaranya:

Pantai Teluk Penyu
Pantai ini membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap), ke selatan (Pulau Nusakambangan). Di pantai ini sobat bisa menikmati panorama ombak yang cukup besar serta lalu lintas kapal-kapal tanker yang keluar masuk Pelabuhan Tanjung Intan dan perahu-perahu nelayan yang beraktivitas di sepanjang pantai.
Jangan pulang sebelum Anda membeli cinderamata khas Cilacap, karena di sini Anda bisa jumpai dengan mudah toko-toko yang memajang hasil kerajinan laut serta bermacam kedai yang menyajikan pelbagai makanan hasil laut yang siap menggoyang lidah Anda.

Benteng Pendhem
Tempat wisata yang terletak berhadapan dengan Pantai Teluk Penyu ini merupakan salah satu peninggalan zaman Hindia-Belanda. Dengan konfigurasi yang masih kokoh, Benteng Pendhem dikelilingi parit, mempunyai 60 kamar/ barak, benteng pengintai, gudang senjata, terowongan, ruang penjara, ruang rapat, ruang amunisi, ruang tembak dan 13 tempat-tempat penting untuk pertahanan yang dikelilingi oleh pagar dan parit serta tertimbun tanah sedalam 1-3 meter.

Pantai Jetis
Pantai yang berbatasan langsung dengan obyek wisata Pantai Ayah Kebumen ini Terletak di Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap bagian Timur menawarkan keindahan panorama ombak laut selatan dan pemandangan alam pegunungan serta keindahan arur Sungai Bodo. Pantai ini terletak + 40 km dari arah timur kota Cilacap, dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum melalui jalur selatan-selatan jurusan Cilacap - Jatijajar - Gombong . Pada objek wisata ini terdapat Tempat Pelelangan Ikan Nelayan Tradisional.

Pantai Widara Payung
Merupakan objek wisata pantai dengan luas seluruh area pantai mencapai 500 hektar terletak di Desa Widarapayung Kecamatan Binangun atau terletak ± 35 km arah timur dari Kota Cilacap. Kondisi pantainya sangat landai dengan dipagari pohon kelapa sehingga menjadikan pantai ini sejuk. Sedangkan luas kawasan yang ditetapkan sebagai Obyek Wisata Pantai Indah Widarapayung adalah sekitar 30 Ha (1000 m x 300 m).

Pada bulan syura dilakukan Upacara Ritual Adat Tradisional Sedekah Laut untuk larungan sesaji ke laut dengan diiringi kesenian daerah dan Pakaian Adat. Upacara Sedekah Laut adalah merupakan salah satu perwujudan ungkapan rasa syukur yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar Desa Widarapayung agar diberi keberkahan, keselamatan dalam sehari–harinya oleh Tuhan Yang Maha Agung. 

Pantai Ketapang Indah
Selain Pantai Widarapayung ke arah Timur ± 3 km ada Pantai yang lebih menarik lagi yaitu Pantai Ketapang Indah yang terletak di Desa Sidaurip Kecamatan Binangun, dengan luas 10 Ha. Pantai Ketapang Indah merupakan gugusan pantai–pantai lain yang menghadap Samudra Indonesia. Untuk menuju obyek wisata ini sangatlah mudah karena dapat dilalui kendaran roda dua maupun roda empat dengan menelusuri jalan beraspal jurusan Cilacap- Gombong.

Obyek ini menawarkan panorama pantai yang indah di tumbuhi pohon kelapa dan gelombang laut yang bisa digunakan untuk Selancar Air jika ombak tidak terlalu besar. Fasilitas yang ada tempat parkir yang bebas, tempat berteduh dibawah pohon kelapa dan kios-kios cindera mata sudah tertata dengan baik.

Gunung Selok
Gunung selok sebenarnya merupakan area hutan yang di kelola oleh Perum Perhutani KPH Banyumas Timur. Seluas 236, 7 Ha yang merupakan sebuah bukit yang ada di wilayah Desa Karangbenda Kecamatan Adipala dengan ketinggian 0 sampai dengan 150 meter diatas permukaaan laut. Untuk menuju gunung selok dapat dicapai dengan kendaraan penumpang bus atau angkutan pedesaan atau kendaraan pribadi dari terminal Adipala. Gunung selok merupakan wisata yang nyaman mengasyikan dan unik, karena lokasi ini menyajikan perpaduan keindahan alam berupa hutan bukit goa-goa alam Benteng peninggalan Jepang yang konon ada 25 benteng dan pantai laut selatan. 

Pulau Nusakambangan
Nusakambangan adalah sebuah pulau di Jawa Tengah yang lebih dikenal sebagai tempat terletaknya beberapa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) berkeamanan tinggi di Indonesia. Meski disebut sebagai Pulau Bui, tetapi Pulau ini juga dikenal memiliki keindahan alamnya yang eksotis dan masih alami, hamparan hutan tropis hijau yang dikelilingi laut menjadikan Nusakambangan sebagai tempat wisata yang patut untuk Anda kunjungi. Di pulau ini juga terdapat bermacam tempat wisata indah yang siap memanjakan mata Anda, diantaranya adalah Segara Anakan, Pantai Pasir Putih, pantai Rancah Babakan, Goa Maria (Goa Bendung), Goa Masigitsela, serta Benteng Karang Bolong.


Tagged: , , , , , , , , , ,